Senin, 15 Juli 2013

Raja Zalim dan Raja Bijak

Ada seorang raja yang amat zalim. Hampir setiap orang pernah merasakan kezalimannya. Suatu ketika, ia tertimpa penyakit yang sangat berat. Seluruh tabib  di kerajaan dikumpulkan. Di bawah ancaman pedang, mereka disuruh menyembuhkannya. Namun sayang, tak seorang pun mampu menyembuhkannya. Hingga akhirnya ada seorang rahib yang mengatakan bahwa penyakit sang raja hanya dapat disembuhkan dengan memakan sejenis ikan tertentu. Sayangnya saat ini bukan musim ikan muncul ke permukaan.

Betapa gembiranya raja mendengar kabar ini, meskipun ia menyadari saat itu bukanlah musim ikan muncul ke permukaan. Demi kesembuhan, disuruhnya semua orang mencari ikan itu. Aneh bin ajaib, walaupun belum musimnya, ternyata ikan itu sangat mudah ditemukan. Sehingga akhirnya sang raja sembuh dari penyakitnya.
Di lain waktu dan tempat, ada seorang raja yang amat terkenal kebijakannya. Ia sangat dicintai rakyatnya. Suatu ketika, raja yang bijaksana itu jatuh sakit. Ternyata kesimpulan para tabib sama, obatnya sejenis ikan tertentu yang saat ini sangat banyak terdapat di permukaan laut. Karena itu mereka sangat optimis rajanya akan segera pulih kembali. 
Tapi apa yang terjadi? Ikan yang seharusnya banyak dijumpai di permukaan laut, tak satu pun yang nampak.! Walaupun pihak kerajaan telah mengirimkan para ahli selamnya, tetap saja ikan itu tidak berhasil temukan. Sehingga akhirnya raja yang bijak itu pun mangkat.
Dikisahkan para malaikat pun kebingungan dengan kejadian itu. Akhirnya mereka menghadap Tuhan dan bertanya, "Ya Tuhan kami, apa sebabnya Engkau menggiring ikan-ikan itu ke permukaan sehingga raja zalim itu selamat. Sementara pada waktu raja yang bijaksana sakit, Engkau menyembunyikan ikan-ikan itu ke dasar laut sehingga akhirnya raja yang baik itu meninggal?"
Tuhan pun berfirman, "Wahai para malaikat-Ku, sesungguhnya raja yang zalim itu pernah berbuat suatu kebaikan. Karena itu Aku balas kebaikannya, sehingga pada waktu dia datang menghadap-Ku, tidak ada lagi kebaikan sedikit pun yang dibawanya. Aku akan tempatkan ia pada neraka yang paling bawah!
Sementara raja yang baik itu pernah berbuat salah kepada-Ku, karena itu Aku hukum dia dengan menyembunyikan ikan-ikan itu, sehingga nanti dia akan datang menghadap-Ku dengan seluruh kebaikannya tanpa ada sedikit pun dosa padanya, karena hukuman atas dosanya telah Kutunaikan seluruhnya di dunia!"

Muhammad Rafi’

Tidak ada komentar:

Posting Komentar